PEMBELAJARAN INOVATIF
Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berbasis TIK
Setelah mendapat dukungan dari kepala SMK Negeri 2 Singosari dan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Malang, selanjutnya saya merancang pembelajaran inovatif yang akan saya terapkan. Dalam merancang pembelajaran inovatif, saya awali dengan mengamati permasalahan yang ada di kelas. Permasalahan yang saya temukan yaitu: 1) Kurangnya motivasi dan semangat belajar siswa, dan 2) hasil belajar siswa belum sesuai harapan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dicari solusi yang efektif. Untuk itu, harus ada dasar pemikiran yang bisa dijadikan sebagai pijakan dalam menyusun rencana pembelajaran.
Pada
pelaksanaan kurikulum Merdeka, kita bisa merujuk pada filosofi pendidikan Ki
Hadjar Dewantara sebagai dasar, bahwa mendidik dan mengajar adalah proses memanusiakan manusia, sehingga harus
memerdekakan manusia dan segala aspek kehidupan baik secara fisik, mental,
jasmani dan rohani. Ini berarti bahwa pembelajaran yang kita laksanakan
haruslah memerdekakan murid. Oleh karena itu, saya akan menerapkan pembelajaran
yang berpihak pada murid berupa pembelajaran berdiferensiasi dan berbasis TIK.
Pembelajaran berdiferensiasi adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses
pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu. Sedangkan,
saya menerapkan pembelajaran berbasis TIK, dengan alasan: 1) TIK sangat dekat
dengan siswa masa kini, 2) Media pembelajaran berbasis TIK bisa menarik minat
belajar siswa, 3) TIK memberikan kemudahan-kemudahan yang bisa menunjang
tercapainya tujuan pembelajaran, dan 4) Sekolah memfasilitasi dengan menyediakan
sarana pembelajaran berbasis TIK.
Pemanfaatan TIK berikutnya yaitu canva, yaitu sebuah aplikasi untuk
desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang
berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan,
poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Canva saat tersedia dalam
beberapa versi, web, iPhone, dan Android. Pada pembelajaran ini, canva
digunakan siswa untuk membuat media presentasi dan membuat poster.
Selanjutnya pemanfaatan google drive, yaitu layanan penyimpanan online milik Google yang dapat digunakan untuk menyimpan file atau berkas melalui internet. Pada pembelajaran ini, google drive saya manfaatkan sebagai media untuk mengumpulkan tugas poster hasil karya siswa.
Berikut link video penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan berbasis TIK:
https://youtu.be/cAELmZV9CqA






Komentar
Posting Komentar